-->
Skip to main content
Cek Data Pribadi Kamu Bocor atau Tidak. Gunakan 5 Situs Ini.

Cek Data Pribadi Kamu Bocor atau Tidak. Gunakan 5 Situs Ini.

Cek Data Pribadi Kamu Bocor atau Tidak. Gunakan 5 Situs Ini. - Miris, kasus data pribadi bocor di internet makin kerap terjadi. Hal ini bisa saja terjadi akibat platform layanan yang tidak aman (Tidak semua platform) atau juga karena pemilik data pribadi terkecoh oleh layanan atau situs palsu yang dibuat penjahat siber, hal ini biasa disebut teknik phising oleh kebanyakan orang.

Dari kebanyakan kasus data pribadi bocor berkaitan dengan alamat email dan kata sandinya. Email adalah bagian terbesar yang jadi salah satu incaran penjahat siber, karena biasanya akan terhubung atau terdaftar ke berbagai layanan, mulai perbankan, e-commerce, dan lain-lain termasuk media sosial.

Para penjahat siber yang mendapatkan email dan kata sandi korban biasanya akan langsung mengganti kata sandi dan alamat email cadangan. Hal ini bertujuan supaya korban tidak bisa mengembalikan (recovery) data atau akun mereka saat gagal login.

5 Situs Cek Data Pribadi

Dan untungnya ada beberapa situs yang menawarkan layanan pengecekan apakah data pribadi berupa email kita bocor di internet dan digunakan pada situs atau layanan yang tidak pernah kita daftar. Salah satu situs tersebut buatan anak lokal.

1. Firefox Monitor

Merek browser internet Mozilla Firefox tidak hanya menawarkan ke penggunanya untuk melakukan browsing saja, akan tetapi memiliki juga layanan untuk mengecek apakah data pribadi Anda seperti alamat email dan kata sandi bocor dan digunakan di situs lain yang tidak Anda kenal. Anda bisa mengeceknya di situs https://monitor.firefox.com/

2. DeHashed

Jika yang sebelumnya Anda bisa cek kebocoran data secara gratis, berbeda dengan situs yang satu ini. Situs ini menyediakan layanan pengecekan data pribadi yang bocor di internet tapi dengan model berbayar. Anda bisa mengetahui apakah identitas Anda muncul di daftar situs yang diretas. Caranya masukan alamat email ke https://www.dehashed.com/

3. Periksa Data

Layanan pengecekan serupa juga ada yang berasal dari Indonesia alias buatan lokal seperti yang telah saya uangkapkan sebelumnya. Misalnya, situs periksadata.com buatan pendiri komunitas ethical hacker Teguh Aprianto. Anda cukup memasukan alamat email dan akan muncul daftar situs yang mengantongi email Anda serta status keamanannya.

4. Have I Been Pwned?

Situs ini cukup populer karena digunakan untuk mengecek apakah alamat email Anda terutama yang ada di layanan lain telah bocor ke internet. Di sini tersedia layanan pengecekan gratis dan versi berbayar untuk yang lebih mendalam. Anda bisa mengecek di situs https://haveibeenpwned.com/

5. Avast

Gak kalah juga dengan yang lain, Pencipta layanan perlindungan siber alias antivirus ternama Avast juga memiliki platform untuk mengecek apakah alamat email kita sudah bocor dan digunakan di situs lain. Caranya masih sama seperti layanan lain, Anda bisa mengeceknya di https://www.avast.com/hackcheck/

Penutup

Mudah bukan cara cek data pribadi kita apakah sudah bocor di internet atau masih belum tercium sama penjahat siber. Buruan cek jika Anda ingin tahu hasilnya. Sekian dulu tips dari saya, semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan info ini ke teman-teman Anda.

BAGIKAN BOSKU :

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar.